PEMBENTUKAN PENGURUS POSBINDU PTM

Pemdes Siraman 29 Juli 2017 09:05:58 WIB

POSBINDU PTM adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Kegiatan POSBINDU PTM meliputi Deteksi Dini, Monitoring dan tindak lanjut dini faktor resiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Di POSBINDU PTM tidak disediakan obat namun warga masyarakat bisa dengan rutin melakukan tes kesehatan untuk mendeteksi dini Penyakit Tidak Menular seperti Hipertensi, Stroke, Gula, IVA dan penyakit tidak menular lainnya. Manfaat POSBINDU PTM adalah membudayakan gaya hidup sehat yang mudah dan murah. Pelaku POSBINDU PTM adalah Kader Kesehatan dari masyarakat yang terlatih. Karena POSBINDU PTM adalah program dari PUSKESMAS maka Kader Kesehatan di POSBINDU PTM dilatih dan dibina oleh PUSKESMAS dan nantinya ketika pelaksanaan pemeriksaan Petugas PUSKESMAS akan mendampingi Kader Kesehatan Desa. Oleh karena itu diharuskan membentuk Pengurus POSBINDU PTM Desa Siraman.

Sabtu, 31 Juli 2017 UPT PUSKESMAS 1 Wonosari mengundang Perangkat Desa Siraman, Kader Kesehatan Desa Siraman dan Tokoh Masyarakat Desa Siraman untuk melaksanakan Sosialisasi dan Pembentukan Pengurus POSBINDU PTM Desa SIraman. Sampel POSBINDU PTM berada di Dusun Siraman II dan diberi nama POSBINDU "DESIR" dengan unsur keanggotaan dari Perangkat Desa dan Kader Kesehatan Desa Siraman "Pembentukan POSBINDU PTM tingkat desa namun Sampelnya 1 dusun dulu sebagai perintis agar benar-benar menyasar ke warga masyarakat". jelas Dr. Rino selaku PLT. Kepala UPT Puskesmas 1 Wonosari.

Penyakit Tidak Menular rata-rata yang terkena berusia produktif sehingga mengancam pertumbuhan ekonomi nasional Sedangkan masalah PTM cenderung meningkat,tingkat kepedulian masyarakat mengenai ancaman PTM rendah dan fasilitas pelayanan kesehatan masih belum fokus dan terfregmentasi. Diharapkan dengan adanya POSBINDU PTM di Desa Siraman bisa meminimalisir penyakit tidak menular karena bisa dideteksi sejak dini dengan mudah dan murah.

"Untuk Kartu Jaminan Kesehatan harap selalu dibawa ketika pemeriksaan kesehatan agar bisa membantu kelancaran pelaksanaan POSBINDU PTM." jelas Ahmad Nurhuda selaku Kasi Pelayanan Desa Siraman.

 

trims.

Komentar atas PEMBENTUKAN PENGURUS POSBINDU PTM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Siraman

tampilkan dalam peta lebih besar