CEK ULANG DEBIT AIR

Pemdes Siraman 27 April 2019 17:31:17 WIB

Siraman (Sida Samekta) – Air bersih merupakan kebutuhan vital bagi manusia yang harus dipenuhi. Pernyataan tersebut menjadi salah satu dasar pemikiran Pemerintah Desa Siraman untuk membuat PAMDESA. Ada beberapa wilayah Desa Siraman yaitu Dusun Siraman I, Siraman II, Siraman III ketika musim kemarau harus membeli air tangki untuk mengisi bak maupun sumur karena sumber air diwilayah tersebut kering. Ada beberapa rumah tangga yang berlangganan Air Bersih dari PDAM namun aliran air tidak lancar bahkan air yang keluar dari kran hanya berupa tetesan saja.

Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di tiga wilayah Padukuhan tersebut Pemerintah Desa melalui APBDesa tahun anggaran 2019 akan membangun PAMDESA dengan sumber dana dari Dana Desa tahap II. PAMDESA nanti setelah terbangun akan diserahkan ke Unit BUMDESA untuk dikelola. Namun sebelum pembangunan PAMDESA dilaksanakan, Pemerintah Desa perlu cek ulang debit air untuk memastikan kembali apakah nantinya PAMDESA mampu memenuhi kebutuhan warga di Dusun Siraman I, Siraman II, Siraman III. Selain itu cek ulang debit air juga untuk memastikan kebutuhan matrial agar pembangunan PAMDESA efektif dan efisien.

Dari cek ulang debit air yang dilakukan pada hari Sabtu (27/04/2019) di sumur bor Dusun Siraman I didapat bahwa debit air dilokasi tersebut adalah 2liter/detik. Debit tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan air di Dusun Siraman I, Siraman II, Siraman III dan bahkan sebagian wilayah Dusun Besari.

“Alhamdulillah debit air disini memenuhi untuk dilanjutkan Pembangunan PAMDESA. Kita juga bisa mengukur kebutuhan pompa dan kebutuhan energi. Kedepan kita tinggal menghitung kebutuhan operasional PAMDESA  agar pelaksanaan nanti bisa efektif dan efisien” ujar Taqin selaku tokoh masyarakat desa Siraman.

 

(trims.)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Siraman

tampilkan dalam peta lebih besar